Kamis, 24 Juli 2008

Formalin, Zat Kimia Yang Berbahaya





Berita - Berita tentang formalin tentunya sering kita dengar dari koran, TV, dll., karena memang zat ini sangat berbahaya bagi kesehatan. Formalin adalah sebuah larutan yang tidak berwarna dan berbau sangat tajam yang mengandung sekitar 37% formaldehyde dalam air.
Sebagai bahan-bahan kimia yang berbahaya, formalin biasa dipakai untuk pembunuh kuman, sehingga biasa dipakai untuk pembersih lantai, ataupun pakaian. Bisa juga untuk pembunuh lalat dan berbagai serangga lainnya. Di dalam industri farmasi (obat-obatan), formalin dipakai sebagai bahan campuran pembuatan parfum, kosmetika dan pengeras kuku. Pada industri kayu lapis, dipakai sebagai bahan perekat, sedangkan pada dunia fotografi digunakan sebagai pengeras lapisan gelatin dan kertas.
Jadi begitu banyak kegunaan formalin ini, namun yang pasti bukan untuk dimakan kan? Anehnya, kini banyak produsen makanan yang menambahkan larutan formalin ini untuk aneka produk yang mereka buat. Jelaslah ini merupakan perbuatan yang tidak bertanggung jawab, karena bisa membahayakan kesehatan orang lain, bahkan bisa saja berakibat fatal.
Produk makanan yang ditambah dengan formalin, kelihatan jadi lebih bagus, lebih menarik, cerah, sehingga banyak konsumen yang menyukainya.
Beberapa contoh produk pangan yang sering dibubuhi formalin di antaranya tahu, ikan segar, ikan asin, ayam potong, mi basah. Ini semua kan merupakan bahan pangan yang beredar luas di masyarakat kita.
Jika kalian suatu saat ikut menemani Ibu berbelanja ke pasar coba perhatikan tahu yang dibeli Ibu. Jika tahu itu kelihatan kenyal, tidak mudah hancur, dan beraroma agak menyengat, maka kalian harus beritahu Ibu, bisa saja tahu yang akan dibeli itu mengandung formalin.
Lantas apa bahayanya formalin untuk kesehatan kita? Bila formalin tertelan, maka mulut, tenggorokan, perut akan terasa terbakar, sakit menelan, mual, muntah dan diare. Bahkan dapat terjadi perdarahan, sakit perut hebat, sakit kepala, tekanan darah turun, kejang, tidak sadar hingga koma. Formalin juga bisa menyebabkan kerusakan organ-organ penting dalam tubuh kita, sepertijantung, hati, otak, limpa, pankreas, sistem saraf pusat, dan ginjal. Untuk jangka panjang atau kronis, maka bisa menyebabkan kanker.
Jadi begitu mengerikan akibatnya, bila formalin termakan oleh kita. maka untuk saat ini, kalian harus hati-hati dalam memilih produk yang beredar di pasaran. Oke?

Tidak ada komentar: