Kamis, 24 Juli 2008

Bunga Matahari Si Ratu Obat





------------------------------------------------------------------------------
kita lihat-lihat tanaman punya mama, yuk! Ada bunga matahari nggak ya? Kalau ada, coba deh perhatIkan. Bentuknya cantik banget, warnanya kuning cerah, berukuran besar dengan diameter 10-35 cm. DItengahnya ada helai-helai mungil menyerupai tabung berwarna kecokelatan. Uniknya, tanaman ini selalu setia pada matahari. Saat malam ia tertunduk. Namun, begitu siang menjelang,ia mendongak seperti memandangi matahari. Karena itulah orang menamakannya bunga matahari. balam bahasa Latinnya, bunga matahari disebut Heliantbus annus. Bahasa Cinanya xiang ri kui.

------------------------------------------------------------------------------
Kembang ini berasal dari Amerika Selatan. Ia bisa hidup di mana saja karena memang cocok di segala iklim. Ia bisa hidup di dataran rendah hingga dataran tinggi. Benihnya berasal dari biji.
Biji bunga matahari terletak di tengah-tengah bunga yang berwarna kecokelatan. Kalau dilihat begitu saja, biji itu memang tidak tampak. Namun, Kalau kita mengambil helai-helai kecokelatan itu, lalu mengupasnya maka menyembullah bijinya. Bentuknya pipih, bercorak belang-belang putih dan hi- tam.
Selain indah, keistimewaan bunga ini apa saja sih? Wow..., ternyata banyak banget, sobat! Sebagai makanan, biji bunga matahari biasa dibuat kuaci yang gurih dan kaya protein. Orang-orang cina biasa mengonsumsi kuaci bunga matahari sebagai obat kuat. Dan ternyata, kuaci bunga matahari itu bergizi tingqi lho! Selain kaya vitamin dan mineral, para ahli menyebutkan, protein dalam kuaci ini bisa menyehatkan otak sehingga orang tidak mudah pikun. Hm..., hebatya.
Selain itu, bunga, daun, dan akarnya mengandung banyak sekali bahan-bahan Kimia. Bahan kimia yang berasal dari bunga matahari dibutuhkan oleh pabrik- pabrik kosmetik, odol, sabun mandi, sampai pabrik obat-obatan. Karena bisa dijadikan obat untuk berbagai penyakit, orang Cina Sering menyebut tanaman ini sebagai Si Ratu Obat.Di beberapa negara, bunga matahari sudah dijadikan tumbuhan perkebunan dan ditanam secara besar-besaran.
Oh ya, selain merupakan bahan kuaci, biji bunga ini sangat kaya akan mi- nyak. Karenanya, negara-negara seperti Cina dan Amerika sudah biasa menggunakan minyak bunga matahari untuK kebutuhan dapur. Tahu nggak, makanan yang dimasak dengan minyak ini jadi lebih bergizi dan menyehatkan, lho.
Khasiat minyak bunga matahari sudah terkenal sejak zaman dulu. Suku bangsa Aztek di Meksiko, ribuan tahun lalu, kalau mau pergi berperang selalu membawa minyak bunga matahari. Perang di masa itu kan belum menggunakan senjata modern seperti sekarang. Paling main timpuk-timpukan atau saling lempar panah. Nah, kalau ada prajurit benjol kena timpuk, atau keserempet panah, langsung deh diobati dengan minyak bunga matahari. Bisa cepat sembuh, tuh. Terus, nggak jarang juga ada prajurit yang tiba-tiba... "UhuK! ... uhuK ...!" alias batuk. Kalau sudah begitu, dari pada kalah perang, mereka memilih mengunyah akar bunga matahari untuk menyembuhkannya.
Nah, siapa yang ingin berkebun bunga matahari? Kalaupun sobat-sobat belum bisa mengolahnya untuk obat-obatan, kan bunga ini bagus juga untuk mempercantik halaman rumah! (els/sumber: Pure Traditional Pharmacology)***

Tidak ada komentar: