Kamis, 24 Juli 2008

Antivirus "Freeware" Solusi Hemat Basmi Virus




SETIAP pengguna PC pasti tidak ingin komputernya diacak-acak oleh yang namanya virus. Apalagi kini macam dan jenisnya semakin banyak dengan berbagai macam gangguan.
Salah satu untuk mencegah serangan virus tersebut adalah dengan memasang antivirus pada PC. Sayangnya kebanyakan software antivirus tersebut cukup mahal untuk ukuran kantong kebanyakan masyarakat Indonesia. Daripada menggunakan antivirus bajakan, mengapa tidak menggunakan antivirus gratisan? Kemampuannya hampir sama baiknya dengan versi berbayar. Apalagi kini cukup banyak di internet perusahaan-perusahaan yang menawarkan antivirus yang berlisensi gratis. Berikut beberapa antivirus yang bisa diunduh aplikasinya dan digunakan secara gratis.

AVG 8

Kesuksesan AVG sebagai salah satu antivirus gratisan paling banyak penggunanya memang tak diragukan lagi. Apalagi baru-baru ini AVG Technologies meluncurkan versi terbarunya yakni AVG 8. Versi AVG tergolong komplet. Jika se- belumnya kita harus menginstal Anti-Spyware dan Anti-Virus secara terpisah, pada AVG 8 ini kita akan mendapatkan kedua fasilitas tersebut dalam satu paket.
Sayangnya, ada beberapa fitur atau aplikasi gratis di versi sebelumnya yang kini menghilang. Anda tak bisa lagi menggunakan fasilitas Anti-Rootkit, proteksi download, dan juga proteksi instant messaging yang biasa ditawarkan secara cuma-cuma. Meski fasilitas pemindaian e-mail tetap ada, fasilitas ini akan berhenti bekerja setelah 30 hari sejak instalasi. Tampaknya, AVG sedang berusaha memindahkan seluruh pengguna antivirus gratisan menjadi pengguna aplikasi berbayarnya.
Meski fasilitasnya makin terbatas, tampilan aplikasi ini dibuat lebih menarik. Jika pada versi 7.5 pengelolaannya terbagi dalam beberapa jendela, kini semuanya dikumpulkan dalam satu jendela dengan tiga tab menu yakni overview, computer scaner, dan update now.
Selain tampilan, kinerja dan fasilitas LinkScanner yang ada di versi 8 ini juga menjanjikan kerja yang lebih baik dan protektif. Maklum, ia didukung oleh mesin antivirus yang bekerja lebih mumpuni dan cepat. Demikian dengan fasilitas LinkScanner akan membuat sipengguna lebih aman dan nyaman saat browsing karena akan muncul pemberitahuan tentang kondisi keamanan situs yang hendak dikunjungi.

Cara menggunakan AVG 8

Antivirus AVG 8 ini bisa diunduh secara cuma-cuma dari http://-free.grisoft.com. Jika ukuran filenya versi 7.5 hanya sekitar 2O MB, versi anyarnya menjadi 46,11 MB. Ketika pertama kali dijalankan, aplikasi ini akan menampilkan jendela tab [Overview]. Di sana, Anda bisa melihat daftar aplikasi sekuriti yang bisa diaktifkan. Ada sekitar tujuh fitur yang disediakan, termasuk update manager. Setiap fitur menampilkan status aktif maupun nonaktifnya. Untuk update manager, fasilitas ini akan memberitahukan apakah aplikasi ini sudah terupdate atau belum.
Untuk mengaktifkan atau menjalankan setiap fitur, kita tinggal mengeklik dobel masing-masing ikon fitur. Setiap fitur akan menjelaskan fungsinya dan menyediakan setting untuk dikelola di setiap jendelanya. Misalnya, jika kita ingin mengaktifkan pemindai e-mail, klik dobel saja [E-mail Scanner]. Pada jendela baru, centangi opsi [Scan Outgoing Messages] dan [Scan Incoming Messages]. Akhiri dengan mengeklik [Save Changes].
Begitu pula jika kita ingin memindai PC, langsung saja klik [Computer Scanner]. Di sana tersedia pilihan Scan Whole Computer, yaitu jika kita ingin memindai seluruh isi PC dan Scan Specific Files and Folders jika kita akan memindai isi folder atau drive tertentu saja.
Kemudian untuk mengupdate definisi virus mengeklik tab [Update Now]. Pastikan semua fitur pengamanan aktif. Jika aktif, biasanya berwarna hijau pada kotak centangnya, di bagian atas jendela aplikasi juga akan muncul keterangan "You are protected". Kemampuan AVG 8 lainnya yaitu fasilitas LinkScanner yang secara otomatis akan berpadu dengan browser Internet Explorer atau Firefox yang ada di sistem PC.

Avira Antivir Personal Edition Classic

Bagi Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan antivirus ini, Avira Antivir Personal Edition Classic. Seperti juga AVG, Avira juga menawarkan antivirus gratis. Dengan file instalasi yang hanya sekitai 17 MB (lebih kecil dibandingkan dengan AVG Free Edition yang berukuran sekitar 32 MB ), antivirus ini memang cukup bagus, banyak sambutan positif dari berbagai penggunanya. Hasil scan relatif lebih banyak mendeteksi virus dibandingkan dengan AVG atau antivirus lainnya walaupun tidak sedikit laporan tentang kesalahan mendeteksi virus, sehingga kita harus selalu siap untuk memutuskan apakah yang terdeteksi itu virus atau bukan. Tetapi hal itu yang membuat Antivir lebih mampu mendeteksi varian virus terbaru. Pengaturan tentang hal itu nantinya bisa disesuaikan di menu Configuration.

Proses "update

Seperti hampir semua antivirus, Antivir juga menyediakan fasilitas automatic update jika kita mempunyai koneksi langsung ke internet. Mengenai manual update, dibandingkan dengan AVG, proses update mungkin agak merepotkan bagi yang mempunyai koneksi lambat, karena ukuran update hanya satu file dengan ukuran lebih dari 15 MB, sampai saat ini belum ada pilihan untuk file yang lebih kecil. Tetapi, setelah file update didapat, proses update sangat mudah.
Berikut beberapa kelebihan dan kelemahan Antivir dibandingkan dengan antivirus lain, terutama AVG Free Edition.
Kelebihan:
* Mampu mendeteksi virus-virus yang tidak bisa dideteksi antivirus lain
* Terintegrasi dengan pendeteksi Rootkit
* Kemudahan untuk mengaktifkan/menonaktifkan antivirus.
* Proses scan relatif cepat
* Pemakaian resources memori yang kecil
* Update Virus Definition yang relatif cepat
* Ada fasilitas untuk mencari nama virus, dari daftar yang ada
* Mampu menambah scheduler scan atau update sebanyak mungkin.

Kelemahan :
* Kadang salah mendeteksi aplikasi/file sebagai virus.
* Customization scan hanya untuk drive, tidak bisa untuk folder.
* Ukuran update manual yang harus diunduh cukup besar, belum ada alternatif yang lebih kecil.
* Membuka file karantina yang berisi ribuan akan sangat lama
* Aplikasi tidak bisa di-maximize.

RISING Antivirus 2008 Free Edition

RISING Antivirus 2008 Free Edition merupakan produk dari Beijing (Cina) dan di sana termasuk salah satu antivirus populer dengan berbagai fitur yang tidak kalah dengan antivirus gratis lainnya.
Dilihat fitur yang disediakan oleh antivirus ini memang cukup menjanjikan, misalnya proteksi account bank online, e-mail, dan Yahoo Messenger yang cukup banyak digunakan di negeri kita. Selain itu beberapa fasilitas tidak disertakan atau tidak ada di antivirus gratis lainnya. Seperti Avira, Rising juga menggunakan ikon payung, tapi berwarna hijau. Jika ingin mencobanya, silakan download dari http://www.freerav.com/ (http://eb-soft.web.id)
Selain ketiga antivirus tadi masih adalagi antivirus gratis yang patut dicoba di antaranya:

Avast! 4 Home Edition

Antivirus Avast! 4 Home Edition merupakan antivirus yang didesain dengan fitur penuh untuk pengguna rumahan. Sayangnya, penggunaan pada institusi nonkomersial tidak diizinkan oleh pembuatnya. Fitur-fitur yang ditawarkan oleh antivirus ini seperti antarmuka yang mudah dipahami pengguna, proteksi real-time, perlindungan jaringan dan web, update otomatis dan kemampuan dukungan terhadap arsitektur Windows 64-bit. Antivirus ini bisa diunduh di situs http://www.avast.com/.

BitDefender 8 Free Edition

Sebenarnya, BitDefender adalah sebuah nama yang cukup populer dan dikenal sebagai antivirus yang sangat andal. Saat ini, BitDefender juga telah menyediakan versi gratis untuk antivirusnya. Sayangnya, antivirus BitDefender 8 Free Edition ini tidak menyediakan proteksi real-time untuk perlindungan pada PC Anda. Meski demikian, fitur scanning dan cleaning terhadap virus jangan diragukan lagi. Selain itu, database antivirusnya dapat pula di-update. Antivirus ini dapat diunduh melalui alamat URL http://www.bitdefender.com.sg/site/Download/downloadFile/340/EN/.

Antivirus PC MAV

Dengan semakin merajalelanya virus-virus lokal macam brontok, pendekarBlank, AntiDealova, FluBurung dan banyak lagi yang lainnya, antivirus satu-satunya produk lokal ini sangat efektiv untuk membasmi virus tersebut. Banyak pengguna komputer yang merasa puas dengan kemampuan antivirus yang satu ini. Karena banyak virus lokal yang tak bisa dihapus oleh antivirus buatan luar negeri justru mampu dihapus oleh antivirus buatan PC Media ini.
Informasi mengenai antivirus ini dapat dilihat pada situsnya yang beralamat di http://www.pcmedia.co.id/.
(Herni Andriani, berbagai sumber)***

Tidak ada komentar: