Minggu, 21 Desember 2008

Tips Menangkal "Hacker"



DENGAN berbagai cara, hacker akan berusaha menembus e-mail, friendster, rekening online, website, dan juga blog. Profil Anda difriendster bisa saja berubah, atau tampilan website Anda berganti, dan yang lebih merugikan adalah saldo rekening Anda di bank tiba-tiba berkurang.
Biasanya hacker menggunakan script yang dapat memasukkan puluhan password tiap detik untuk menembus masuk dalam account kita. Menebak password tersebut bisa dilakukan dengan brute force attack yaitu mencoba semua kombinasi mulai dari aaaa sampai zzzz hingga beberapa karakter. Bisa juga dengan prinsip dictionary attack yaitu dengan menebak kata-kata dalam kamus dan dikombinasikan dengan angka atau karakter. Atau, hacker akan memasukkan data-data pribadi korban seperti nomor telefon, tanggal lahir, nama pacar, kode pos, dan sebagainya. Untuk itu sangat disarankan untuk tidak memasukkan data pribadi apa adanya.
Ada beberapa jenis password berdasarkan tingkat kesulitannya untuk ditebak. Password yang lemah adalah password yang orang mudah sekali mengetik kombinasinya di keyboard. Misalnya 123456, qwerty, asdf. Selain itu password dengan huruf kecil semua dan password dengan kombinasi huruf dan karakter seperti cint@, c4ntik, dan sebagainya. Password yang lemah seperti itu akan bisa dibobol dalam waktu cepat. Password yang kuat adalah password yang merupakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, nomor dan karakter. Panjang lebih dari 10 karakter dan tidak menyertakan kata-kata dalam kamus dari bahasa apa pun. Meski demikian password tersebut harus tetap bisa diingat dengan mudah oleh pemiliknya. Misalnya imAu$1ooRibu. Cara mengingatnya 1 = kata "saya" diterjemahkan dalam bahasa Inggris (I), mAu = mau, $ = uang, 100Ribu = 100 ribu. Atau ninG->o+1Gul. Cara mengingatnya ninG = misalnya nama orang sepesial buat Anda: Naning, -> = panah identik dengan adalah, o+ = lambang cewek, 1 =berarti nomor satu atau paling, Gul = gula itu manis.
Selain menggunakan password yang kuat, sebaiknya password yang sama tidak digunakan untuk berbagai macam layanan. Misalnya password e-mail jangan sama dengan password friendster. Karena seseorang yang berhasil menjebol password friendster Anda bisa juga menjebol password e-mail. Dan menjebol password friendster lebih mudah daripada menjebol e-mail, karena dalam friendster sudah tertulis data pribadi kita, informasi yang penting untuk melacak password.
Masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk meminimalisir account kita dijebol hacker. Dalam e-mail, kita kadang mendapat e-mail yang menyatakan bahwa Anda harus memverifikasi password. Jangan mengklik sebagaimana yang diminta, karena e-mail semacam ini dikirim oleh hacker. Di samping itu, jangan memasukkan password di situs selain yang memberikan layanan. Misalnya jangan memasukkan password yahoo di situs friendster untuk alasan apa pun (misalnya import address book). Sebelum login ke e-mail atau yang lain, pastikan URL di browser Anda benar. Misalnya mail.yahoo.com bukan mail.yahoo-ltd.com atau yahoo-verify.com atau yang lain. Untuk rekening online seperti e-gold, klik BCA, pay-pal, sebaiknya Anda tidak mengetik password Anda lewat keyboard (karena hacker bisa membaca keyboard Anda dengan program keylogger). Gunakan On Screen Keyboard, Charakter Map, atau copy paste dari huruf acak. (Dety Yektiningsih, berbagai sumber)***

1 komentar:

PANCORDAO mengatakan...

THANKS U BUAT PENGETAHUAN NYA DALAM TIPS MENANGKAL HACKER.
INI ADALAH SANGAT BERMANFAAT BAGI SAYA SEKALI LAGI TERIMAKASI....