Minggu, 21 Desember 2008

Belajar Mengetik Sepuluh Jari Dengan Touch Type Student




APAKAH Anda seorang yang setiap hari bekerja di depan komputer, namun masih mengetik dengan '11 jari' (dengan kedua jari telunjuk Anda) ? Kalau demikian, Anda juga pasti kerap memandangi keyboard dan memilih-milih tombol keyboard yang harus Anda tekan dalam mengetik. Belum lagi Anda harus bolak-balik melihat layar monitor kalau-kalau ada yang salah ketik. Cape kan?
Tinggalkan kebiasaan mengetik cara demikian, belajarlah mengetik dengan metode 10 jari. Anda tidak perlu datang ke tempat kursus mengetik, atau privat kepada seseorang. Anda bisa belajar sendiri dengan menggunakan program Touch-type Student yang berbentuk halaman web dan bisa dijalankan pada program-program browser yang ada (Internet explorer, Netscape, Mozilla Firefox, dll). Filenya bisa didownload di www.touch-type.com dalam bentuk file zip. Disediakan dalam versi demo yang gratis (namun kurang lengkap), sedangkan versi lengkapnya (full version harganya sekitar 29 dolar AS).
Program ini tidak memerlukan instalasi, melainkan setelah Anda download, extractlah file tersebut ke dalam satu folder, lalu buka file index.html. Maka akan tampil halaman web dengan ucapan welcome yang beranimasi dengan ucapan selamat datang lainnya dalam beberapa bahasa. Memang Touch-type Student dibuat dengan beberapa tampilan keyboard, di antaranya, Inggris, Francis, Jerman, Spanyol, dan Itali.
Selanjutnya klik salah satu bendera, maka akan tampil layout keyboard dari negara yang Anda pilih, dan unit pelajaran pertama.
Di sini akan ditunjukkan pasangan jari dan tuts keyboard yang harus ditekan, ditandai dengan warna yang sesuai. Hafalkan pasangan jari dan tombol keyboard tersebut hingga Anda tidak melihat lagi ke arah keyboard dalam menjalankan latihannya.
Untuk memulai pelajaran pertama ini Anda bisa memilih opsi tab tips terlebih dahulu untuk membaca pengarahan yang diberikan agar Anda dapat berlatih mengetik dengan baik pada unit pelajaran tersebut. Selanjutnya dapat dipilih tab grips, words, common words, sentences, test, atau extra, di mana disediakan kotak putih bercursor, yaitu tempat Anda mengetik mengikuti barisan karakter-karakter yang ditampilkan di atasnya. Demikian pula untuk unit-unit pelajaran selanjutnya (sampai 22 unit pelajaran). Pada tiap unit pelajaran ditampilkan statistik kesalahan Anda mengetik, persentasenya, dan kecepatan menekan tut per menitnya. Bahkan Anda bisa mengetahui persentase kesalahan pada masing-masing jari dengan mengklik tombol Statistic.
Apabila Anda sudah cukup mahir dalam satu unit pelajaran, cobalah Anda set waktu kecepatan ketikan kepada tingkat yang lebih tinggi (30 sampai 180 karakter per menit), makin tinggi setting waktu dan makin sedikit kesalahan, maka makin mahir Anda menggunakan kesepuluh jari Anda. Latihan mengetik ini tentu saja diperlukan semangat dan ketekunan.
Selamat berlatih, tingkatkan terus mengetik 10 jari Anda dan orang lain akan 'ngiri' dengan keahlian Anda. (Ita Kasmawasti, insruktur sebuah lembaga kursus komputer di Bandung)***

Tidak ada komentar: