Minggu, 21 Desember 2008

Binatang-Binatang Pencatat Rekor




TAHU 'gak, binatang apa yang gerakannya lambat? Ya, siput! Siput sudah dikenal sebagai binatang yang gerakannya sangat lambat. Tapi, bagaimana kecepatan dan seberapa jauh gerak seekor siput itu? Mari kita telaah catatan menarik dari "Buku Besar Seputar Rekor-rekor Dunia (The Big Book of World Records)."
Dalam satu hari, ternyata siput yang lamban itu bisa menempuh jarak maksimal 10 meter dan ini pun hanya terjadi di satu permukaan. Namun, biarpun ini mengesankan, agaknya belum apa-apa jika dibandingkan dengan gerak seekor limpet, yang termasuk binatang bertubuh lunak dan tidak beruas atau moluska, yang kerap hidup dan tersangkut di satu batu. Nah, mulai dari matahari terbit sampai terbenam, limpet ini bergerak sangat lamban, yakni tidak lebih dari 0,3 sentimeter.
Sementara itu, "kemalasan" seekor kera kukang juga merupakan satu fakta yang layak kita simak pula. Dia mungkin tetap malas dan mengantuk di antara cabang-cabang satu pohon di sepanjang hari. Namun, kemudian hewan mamalia pemakan tumbuhan atau herbivora ini bisa bergerak dengan kecepatan 2,5 meter per menit! Hal ini sungguh mengagumkan karena itu sama dengan jarak 3,5 kilometer setiap hari!
Akan tetapi, koala agaknya betul-betul memegang rekor binatang pemalas! Mengapa demikian? Hewan mamalia kecil ini paling suka tidur, yakni sedikitnya 22 jam setiap hari. Sedangkan kuda laut tidak pernah dinyatakan bergerak cepat. Mereka selalu bergerak perlahan di dalam air. Jadi, mereka ini tidak pernah sibuk dan terburu-buru dengan kecepatan gerak hanya sekitar 1,5 meter per jam.

Penerima medali emas

Kendatipun berukuran lebih kecil atau kurang begitu dikenal, seekor binatang bisa menjadi pemegang rekor yang mengesankan di dunia hewan atau menjadi calon penerima medali emas tentunya. Contohnya, pemenang yang tidak perlu dipertanyakan lagi adalah booby, yakni seekor burung camar laut yang bisa menyelam sampai kedalaman lebih dari 40 meter, hanya untuk menangkap seekor ikan kecil.
Di sisi lain, seekor kutu tidak terkalahkan ketika meloncat tinggi. Betulkah demikian? Dengan ukuran tubuh kira-kira 1,5 milimeter saja, dia bisa meloncat setinggi lebih dari 20 sentimeter, berarti 130 kali lebih besar dari tinggi badannya sendiri!
Adapun pelompat paling jauh adalah kangguru tikus, seekor binatang menyusui yang berkantung atau marsupialia, yang bisa mencapai jarak 6-7 meter dalam sekali lompatan. Jadi, lebih dari 10 kali panjang tubuhnya, dan lebih dari 20 kali panjang ekornya.
Untuk kemampuan meloncat tegak lurus, belalang rupanya tidak punya saingan berarti, yakni mencapai tingkatan yang setara dengan 35 kali tinggi badannya. Dan ini ternyata sama dengan seorang atlet yang meloncat setinggi bangunan berlantai lima!
Tidak kalah uniknya, ikan pemanah dalam menembak satu sasaran atau target yang ada di lingkungan di atas air. Dengan menembakkan satu semprotan air dari mulutnya, dia bisa menangkap serangga-serangga yang ada pada jarak 1,5 meter di atas permukaan air. (Victor H. bamanik/diambil dari "The Big Book of World Records")***

Tidak ada komentar: