Senin, 20 Januari 2014

Perbandingan iPhone 4, 4s dgn Sony Xperia S dll



Dear All
Kali ini gw pengen membuat artikel tentang perbandingan iPhone 4, iPhone 4s dan Sony Xperia S maupun Sony Xpreria SP   n gw liat2 juga ke HTC One S . awalnya emang  untuk cari-cari hp dikisaran 3-4 jutaan .Temen ane kebetulan lagi nanya2 kira2 hp apa yg bagus. Dari situ ane coba deh cari informasi biar tau plus minusnya .

 Ada beberapa parameter yg gw bandingin sih langsung aja gan monggo :

1.Harga

Kali ini gw lagi coba ngebandingin hp yang kisarannya 3jutaan dengan iPhone 4 maupun iphone 4s .Kalau 4s udah jelas paling mahalnya barunya resmi dari indonesia di kisaran 8 jutaan . kalau iphone 4  GSM resminya baru 3,99 juta kalau untuk hp CDMA nya di kaskus ane nemu 2,9  jt sampai  3 jutaan
Berikut ini tabel harga yang ane buat dari Tanya n browsing sana-sini :D
Handphone
Harga
HTC One S
kisaran 3,3jutaan
Xperia SP
kisaran 3,3jutaan
iPhone 4 GSM Resmi
3,99 jt
iPhone 4 CDMA - kaskus
kisaran 3 jutaan
iPhone 4s GSM Resmi
8 juta
iPhone 4s 64 Gb GSM  second –kaskus
4,9 juta

Kalau ngeliat pasar second sih harga iphone ini juga mulai turun . jadi kalo kira2 budget 3 jutaan enaknya hape apa gitu ...lanjut kita tengok aja ya...

2.Kualitas Photo dari Camera

Berikut ini hasil perbandingan yang gue dapat dari gsm arena
Dari Gsm Arena ada3 parameter perbandingan yang bisa dilihat yaitu 
  1. ISO 12233 chart—ini keren banget reviewnya pake standar ISO. Yang gw liat sih zoomnya dan juga detail contrastnya
  2. Gray chart-- ini lebih ngeliat ke zoom detailnya di iPhone 4 emang kalau zoomnya kalah karena dia cuman 5 MP . tapi kalau di perhatiin detail dan pewarnaaannya dia menurut gw ada di atas xperia S maupun HTC One S. Kalau iphone 4s jangan ditanya deh dia mah detailnya dapat banget
  3. Color poster -- iPhone 4s mantap banget memberikan warnanya keren . di nomor 2 sebetulnya untuk pewarnaan di mata kerenan xperia drpd iphone 4 tapi waktu gambarnya gw geser ke buah-buahan disitu keliatan kalo xperia warna fotonya lebih gelap daripada iphone 4. jadinya dengan berat hati gw pilih posisi 2 di iphone 4 dan posisi 3 Sony Xperia SP. posisi 4 nya baru deh HTC One S

2.1 ISO 12233 chart  Zoom dan Contrast


Berikut ini gambar perbandingannya untuk 4s,4 dan xperia S . gambar yg dikiri bawah itu adalah gambar yg di zoom . kontrasnya 4s detil banget. Kalo iphone 4 emang g bs gede zoomnya karena cuman 5 MPtapi Sony Xperia S walo 12 MP di zoom detilnya rada blur



 


2.2 Colour Poster






 Kalau lihat gambar mata diatas keliatan Xperia SP memberikan warna yg cerah , si 4 pertengahan lah antara cerah real maupun menggelap. 4s jelas juaranya.
Tapi waktu gw geser zoomnya ke gambar buah2an gw dapat perbandingan bahwa si SP ini memberikan warna yang gelap sebagai berikut :

Keliatan  ga kalau  xPeria SP  rada menggelap n blur saat dibandingin ama iphone 4. kalau mau lihat detailnya klik aja gambarnya gan ato open in new tab 

2.3 Gray Chart
 




Pewarnaan di iphone 4 emang sangar tapi xperia SP bisa mengimbanginya, namun kedua hp ini dikalahkan oleh hasil capture iphone 4s. Cuman untuk menengah masih menang xperia SP

3.Baterai

Kalau untuk batre sayangnya review dari gsmarena HTC One S batrenya ga tahan lama, masih mendingan si Sony Xperia S apalagi kalau buat iphone 4 maupun 4s wuiih. Sony Xperia dipersenjatai batre 2000an mAh gan
Kalau saran dari teman sih iphone 4 dan 4S emang tahan lama batrenya. tapi iphone 4s kalo dah panas sampe bisa masak telor wuiih ngabisin batre gan.untuk sony xperia SP dia mendapatkan pujian untuk batrenya dari GSM arena. dipersenjatai dengan 2000mAh . sayangnya si HTC malahan dicela abis karena batrenya ga tahan lama, tentu ini sangat mengganggu untuk pribadi aktif , apalagi kalo malas bawa power bank

4.Kesimpulan

Hasil review yang udah gw buat terus gw coba peringkatin dan diliat sapa juaranya  deh ditabel berikut :
Kategori
Juara
Keterangan
Color Poster
1.iPhone 4s
2.iPhone 4 
3.Xperia SP
untuk gambar mata emang menang xperia SP tapi kalo digeser ke gambar buah iphone 4 keliatan lebih terang
Zoom/ISO 12233 Chart
1.iPhone 4s
2.Xperia SP dan iPhone 4
Walau bisa zoom lebih baik Xperia SP tidak menunjukkan detail yg bagus
Gray Chart
1.iPhone 4s
2.Xperia SP dan iPhone 4
iPhone 4 maupun Xperia SP sama2  rusak. Cuman xperia SP warnanya gelap n terkesan banyak noise
Harga
1.iPhone 4 CDMA
2.HTC One S  dan Xperia SP
3.iPhone 4 GSM
4.iPhone 4s 64 Gb GSM  second -kaskus
5.iPhone 4s GSM Resmi
harga dari yg termurah sampai yg mahal . Keliatan mahal banget si 4s baru GSM ini. Dipaling murah emang iphone 4 CDMA. Di pertengahan iphone 4 GSM ,Xperia SP dan HTC One S bersaing ketat
Baterai
1.iPhone 4S & Xperia SP
2.iPhone 4
3.HTC One S
Sony emang mantap nih , gw sih berharap banget sony bisa nyaingin apple :D

Purna Jual dan ketersediaan

 Sony Xperia SP emang mantap , yg gw baca dia dapat jellybean juga dari Sony , cuman susah nyari barangnya udah ga di produksi lagi . Untuk HTC One S kelemahan utamanya di batre. kalau yg gw bandingin sekilas juga kameranya masih canggihan Xperia SP . Kalau iphone kayaknya happening banget  dimana-mana ada servisnya juga berdasarkan pengakuan teman-teman gampang asalkan dapat garansi iPhone resmi

Dari beberapa perbandingan diatas keliatan Emang iphone 4s juara banget disini tapi keputusan membeli tetap ditangan Anda. Apakah emang perlu stunning gadget -- ipung 5s sekalian?? Yang paling bijak emang sesuai kebutuhan sih .. tapi ya.. buat orang kayak gw sih sebagai orang yang IT yg maniak gadget tapi dananya terbatas ya cari yg pertengahan aja :D

Regards
Tim Pengetahuan Menarik -Kamusarea

Daftar Pustaka

terima kasih kepada semua rujukan tanpa kalian semua tulisan ini ga akan jadi begini :D
gsmarena.com.Januari ,2014

lazada.co.id.Januari ,2014
kaskus.com.Januari ,2014
eraphone.Januari ,2014
teman.Januari ,2014
 google.com.Januari ,2014

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Sial, lagi-lagi nemu trit yg menampilkan kehebatan ipon 4s. Ternyata kayakny ipon buatan terakhir mendiang Jobs ini emang "Legends" sepertinya. Sebenernya di awal kemunculan ipon, sgt gak respek karena harga selangitnya dan spek alakadarnya (kamera cuma segitu, ram cuma segitu, baterai cuma segitu). Namun lambat laun, meski nampak cuma segitu, ipon 4s mampu mengoptimalkannya sehingga ga kalah dg hape lain dg spek yg nampak wah.