Jumat, 13 Maret 2015

How to make good online content



 
telkomsel meningkatkan kecepatan akses internet penggunanya à industri kreatif tumbuh à bermunculan konten-konten bagus à Permintaan akan akses internet semakin tinggi
Pengguna telkomsel merasa puas
 
Pada tanggal 10 Maret 2015 gw beruntung bias ikut acara ngopi barengnya detikcom. Disitu kita ngomongin gimana sih cara membuat video online yang baik. Dengan 3 pembicara expertnya Radityadika (subscribers Youtube Indonesia terbanyak ) , Eka Gustiwana (subscribers Youtube Indonesia nomor 2 terbanyak )dan yang ketiga adalah Aris Sudewo (GM Digital Lifestyle Telkomsel) .
Sesi 1 : Aris Sudewo – GM Lifestyle Telkomsel---  @javamojo
Pembicara pertama dalam acara ini adalah Aris Sudewo, GM Lifestyle Telkomsel. Dari awal dia membocorkan data pertumbuhan internet dan masuknya era 4G dan tumbuhnya akses video via internet. Ini gue tangkap sebagai peluang dalam industry kreatif ini.
Data dari pengguna telkomsel yang dibocorin itu :
1      dari 5 orang pengguna internet maka satu orang melihat video
2         Setiap harinya(24 jam) selama 3 jam dipergunakan user memperhatikan layar hp -itu >10% dari hidup harian lho.
3         3 dari 5 pengguna telkomsel menggunakan smartphone dan 80% sisanya berencana memakai smartphone dalam waktu kurang dari setahun
4         OS terbanyak yaitu : Android, BB,Symbian, iPhone
5         Orang mengakses video
a.       paling rame pada jam 6-9 pagi. Traffic totalnya : 5.6 GB/s
b.      jam 12 siang paling sepi
c.       7-9 malem rame lagi
6         Netter pembuat video kreatif
a.        berusia 25-34 tahun tumbuh sangat pesat
b.      Wanita dan anak muda adalah demografis spertumbuhan paling pesat
7         Music & Entertainment sering dilihat. People & Vlogs tumbuh pesat (139% coy)
a.       Contoh video viral line AADC dalam satu jam sudah dilihat satu juta viewer, 34 rb subscriber
b.      TSEL Video pernah mengadakan crowd sourcing video dance Agnes monica dan mendapatkan upload 16 rb video
 
Spesifikasi smartphone yang ada sekarang dapat menggantikan pc dalam mengedit video. Berikut ini adalah beberapa aplikasi top dalam mengedit video pada smartphone
1.       Viva video : Free video editor
2.       Kine Master App
3.       Nexus media importer
4.       Android Pro Video editor
5.       Youtube creative video
6.       Tambahin kalo eka gustiwana dalam mengedit video Arya Wiguna menggunakan iMovie